TINJAUAN
TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Mata
kuliah ilmu budaya dasar adalah mata kuliah yang salah satu yang membicarakan
tentang nilai-nilai, kebudayaan tentang berbagai macam masalah yang di hadapi
manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Hal itu perlu karena di rasakan
kekurangan pada sistem pendidikan kita baik pada tingkat menengah maupun pada
tingkat perguruan tinggi. Tanpa memungkiri banyak faktor-faktor lain yang
menyebabkan salah satu yang penting adalah sistem pendidikan kita.
Dengan
mendapat mata kuliah Ilmu Budaya Dasar mahasiswa di harapkan memiliki latar
belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada umumnya
dan menimbulkan minat mendalami lebih lanjut, agar demikian mahasiswa turut
mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri dengan kreatif. Jadi secara
singkat dapatlah di katakan bahwa setelah mendapat mata kuliah ini mahasiswa di
harapkan memperlihatkan :
1. Minat dan kebiasaan menyelidiki
apa-apa yang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya, menelaah apa yang
di kerjakan sendiri dan mengapa.
2. Kesadaran
akan pola-pola nilai yang di anutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini
dengan cara hidupnya sehari-hari.
3.
Kerelaan memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai-nilai yang di anutnya
untuk mengetahui apakah dia secara berdiri sendiri dapat membenarkan
nilia-nilai tersebut untuk dirinya sendiri.
4. Keberanian
moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang di rasanya sudah dapat di terima
denga penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dapat
di benarkan.
Latar
belakang IBD dalam konteks budaya, Negara dan masyarakat Indonesia berkaitan
dengan permasalahan sebagai berikut :
1. Kenyataan bahwa
bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman
budaya yang biasanya tidak terlepas dari ikatan-ikatan primordial, kesukuan dan
kedaerahan.
2. Proses pembangunan yang
sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak
positif dan negative, akibatnya dari pembenturan nilai budaya ini ialah
timbulnya konflik dalam kehidupan.
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik
dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan
yang telah diciptakannya.
1.2
Rumusan masalah :
1. Pengertian ilmu budaya dasar?
2. Penjelasan tentang ilmu budaya dasar
sebagai bagian dari mkdu?
3. Tujuan dari ilmu budaya dasar?
4. Ruang lingkup dari ilmu budaya dasar?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Ilmu
Budaya Dasar
Ilmu
budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar dan pengertian
tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan.
Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic
Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities.
Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang
bisa diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (refined). Dengan mempelajari The
Humanities diandaikan seseorang akan bisa mcnjadi lebih manusiawi, lebih
berbudaya dan lebih halus.
B. lmu budaya dasar
sebagai bagian dari mata kuliah dasar umum.
Ilmu
budaya dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum
(MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi. Secara umum
MKDU bertujuan untuk menghasilakn warga Negara sarjana yang berkualitas sebagai
berikut :
1.
Berjiwa pancasila sehingga keputusan maupun tindakan mencerminkan pengalaman
nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
2.
Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertindak sesuai dengan ajaran
agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap sesama.
3. Memiliki
wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi berbagai
masalah kehidupan.
4.
Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan
bersama-sama mampu berperan serta di dalam pelestariannya.
C. Tujuan
Ilmu Budaya Dasar
1. Lebih
peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, scrta lebih
bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
2.
Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan
diri.
3. Menyadarkan
mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati
serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
4. Mengembangkan
daya kritis tcrhadap pcrsoalan kemanusiaan dan kebudayaan.
5.
Memiliki latarbelakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia.
6. Menimbulkan
minat untuk mendalaminya.
7. Mendukung
dan mcngcmbangkan kebudayaan sendiri dengan kreatif.
8. Tidak
terjerumus kepada sifat kedaarahan dan pengkotakan disiplin ilmu.
9. Menambahkan
kemampuan mahasiswa untuk mcnanggapi masalah nilai-nilai budaya dalam
masyarakat Indonesia dan dunia tanpa terpikat oleh disiplin mereka.
10.
Mempunyai kesamaan bahan pembicaraan, tempat berpijak mengenai masalah
kemanusiaan dan kebudayaan.
11.
Terjalin interaksi antara cendekiawan yang berbeda keahlian agar lebih positif
dan komunikatif.
12.
Menjembatani para sarjana yang berbeda keahliannya dalam bertugas menghadapi
masalah kemanusiaan dan budaya.
13.
Memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang ditangani oleh
berbagai cendekiawan.
14. Agar
mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
15. Agar
mampu memenuhi tuntutan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma
pendidikan.
Jika
diperinci maka tujuan pengajaran ilmu budaya dasar itu adalah :
1.
Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
2. Lebih
peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih
bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
3.
Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan
diri.
4.
Menyadarkan kita terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat
menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
D.
Ruang lingkup ilmu budaya dasar
Bertitik
tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa
dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata
kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.Berbagai
aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan
budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the
humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam
pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin
dalam pengetahuan budaya
2.
Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam
perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dengan
ringkas dapat disebutkan bahwa tujuan IBD adalah :
Perlunya Melakukan PEMBENTUKAN pemikiran yang khususnya berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan,agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas.
Perlunya Melakukan PEMBENTUKAN pemikiran yang khususnya berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan,agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas.
DAFTAR PUSATKA
https://imanizty.wordpress.com/2012/06/06/tujuan-ilmu-budaya-dasar/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar